PERTAMA DI SMALSA PEMILU OSIS = SISTEM E-VOTING

By IT_SUPPORT 08 Okt 2019, 07:43:58 WIBKESISWAAN
PERTAMA DI SMALSA PEMILU OSIS = SISTEM E-VOTING

Memanfaatkan perkembangan teknologi, SMA AL ISLAM 1 Surakarta menggelar pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS) berbasis elektronik voting (e-voting), Sabtu (5/10). 

Pukul 10.00 Wib Pagi tepatnya seluruh siswa kelas X, XI dan XII yang berjumlah hampir 1000 siswa, beranjak ke kelas masing² untuk menyalurkan suaranya dengan mengakses melalui HP yang terkoneksi dengan wifi kelas masing². Pemilihan dengan sistem e-voting berjalan singkat. Hanya butuh waktu 1-3 menit untuk meng-klik nama pasangan calon yang dipilih.

Waka Kesiswaan  mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan melatih siswa berdemokrasi. "Penerapan e-voting juga melatih siswa memilih secara luber jurdil (langsung umum bebas rahasia jujur dan adil) sesuai pilihan masing-masing. Penerapan e-voting ini selain praktis juga menghemat waktu dan dipastikan tidak ada kecurangan," jelas dia.

Sebelum berhak dipilih, kandidat ketua OSIS harus melalui beberapa tahapan. Seperti tes. Berlanjut tes wawancara untuk menentukan kadidat ketua yang menyisakan tiga pasangan calon (paslon).

"Setelah terpilih ketiga paslon mereka akan melakukan orasi visi dan misi. Terakhir baru dilakukan pemilihan e-voting," katanya.

Koordinator Tim IT Sekolah mengatakan, pihaknya menyediakan 1 perangkat server untuk dijadikan pemantauan secara terbuka diruang Informatika. Jadi (data) masuk sistem online. Pemilih harus memasukkan username dan